116 views

Guru PAI MTs se-Kota Bogor Ikuti Bintek KMA 183 dan KMA 184 Melalui Meeting zoom

Jurnalaksara.com – MTs Yasiba Kota Bogor mengundang guru pendidikan agama Islam untuk mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) terkait KMA nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab pada madrasah, serta KMA No 184 tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari (9-10/11/2020) melalui metode meeting zoom jenjang MTs zona Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI. Yogyakarta, Banten dan Bali.
Bimtek tersebut diikuti oleh 33 guru MTs se-kota Bogor dengan tujuan guna mendorong pembelajaran di madrasah sehingga akan menjadi lebih kreatif, dinamis dan inovatif.

“Melalui bimtek dapat menambah wawasan (pengetahuan) khususnya guru bahasa Arab dengan harapan akan menghasilkan lulusan madrasah yang kompeten dan siap berkompetisi dalam kehidupan yang sangat kompetitif,” kata Kepala MTs Yasiba Kota Bogor Siti Halimah, S.Pd, M.Si disela kegiatan Bimtek.

Adapun narasumber Bimtek implementasi pembelajaran berdasarkan kurikulum KMA 183 dan 184 serta implementasi E-learning jenjang MTs pembelajaran bahasa Arab yaitu Dr. Mamluatu Hasanah, M.Pd terkait inovasi pembelajaran melalui jenis struktur dan fungsi pada teks bahasa Arab.

Sedangkan desain evaluasi implementasi dan proses pembelajaran dan penilaian berbasis pedagogi genre oleh M. Yasin Fatchul Barry, M.Pd. Operasional pembelajaran keterampilan berbahasa dalam pendekatan pedagogi genre berbasis e-learning oleh Zuliatin Nafisah, S.Pd.i. Materi strategi melahirkan keunggulan madrasah pada KMA 183 dan 184 tahun 2019 oleh Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd, dan revolusi pembelajaran di madrasah oleh direktur KSKK madrasah.
Bimtek pada hari kedua, Selasa (10/11/2020), ada empat narasumber yang menyampaikan materi yakni Alfryatus Syarofah, M.Pd dengan materi pembelajaran unsur berbahasa bentuk, makna dan fungsi dalam pembelajaran bahasa Arab perspektif KMA 183. Untuk Implementasi pembelajaran kompetensi komunikatif, literasi, dan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis e-learning oleh Hasyim Amrullah, MA.

Di bedah KI/KD KMA 183 tahun 2019 dan buku teks ke materi pembelajaran bahasa Arab berbasis pedagogi genre oleh Dr. Ahmad Mubaligh, M.HI, dan yang terakhir mengoperasikan LMS E-learning madrasah oleh Ahmad Hariadi.

“Melalui Bintek ini, semoga mereka (guru,red) akan banyak mendapatkan informasi secara seragam terkait implementasi KMA No 183 dan KMA No 184. Sehingga kedepannya setelah Bimtek ini akan menjadi acuan dan dapat diterapkan (di aplikasikan, red) di madrasah masing-masing dengan baik dan benar,” ucapnya.

Reporter : Boy
Redaktur : Yudi S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *