Kwarcab Kota Bogor Berikan Pelatihan Penanggulangan Bencana

jurnalaksara.com– Guna meningkatkan kesadaran serta kepedulian pada sesama, Kwatir Cabang Gerakan (Kwarcab) Kota Bogor adakan pendidikan dan pelatihan pembekalan yang bertajuk “Diklat Pramuka Peduli Dan Pengrekrutan Anggota Unit Sar 0917 Tahun 2021 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor” yang diselenggarakan di Kantor BPBD Kota Bogor, Sabtu (24/04/2021).

“Hari ini sebanyak 40 peserta di tingkat Penegak dan Pandega dalam gerakan Pramuka peduli yang tergabung dalam Satgas Unit Reaksi Cepat yang nantinya berperan sebagai Satuan Tugas di lokasi Bencana,” tutur Aldilah Rahman. SH yang menjabat sebagai ketua satgas Pramuka peduli dan Andalan Cabang urusan pengabdian masyarakat dan tanggap bencana.

“Karena tugas mereka memang butuh penguatan keterampilan, maka kami bekerjasama dengan BPBD Kota Bogor untuk memberikan pembekalan tanggap bencana,” ungkap Aldi.

Dilokasi yang sama Muhamad Rizqi Nugraha yang menjabat sebagai Tim Reaksi Cepat di Badan Penanggulangan Berencana (BPBD) Kota Bogor menjelaskan pentingnya pengerahuan tentang SAR, Evakuasi, dan menejemen bencana. Apalagi untuk Anggota Pramuka.

“Pengetahuan dan pelatihan ini sangat penting untuk Anggota Pramuka, karena mereka akan sering terjun langsung ke lapangan dan lokasi bencana,” ungkap pria yang akrab dipanggil Coki.

“Materi yang diberikan semua yang berkaitan dengan penanggulangan, evakuasi dan pertolongan yang menjadi hak dan kapasitas mereka sebagai penyelamat, dan tidak melampaui batas sesuai dengan prosedur yang berlaku,” pungkasnya. (jhony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *