MTs Miftahussalam Selenggarakan Ujian Madrasah Berbasis Komputer

Jurnalaksara.com – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahussalam Kota Bogor menyelenggarakan ujian Madrasah tahun pelajaran 2020/2021 berbasis online atau computer based test (CBT), Senin (15/3).
Pada ujian dimasa pandemi covid-19 ini berbeda dengan ujian sebelumnya, dimana Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) jenjang MTs dan MA ditiadakan.

Kepala MTs Miftahussalam Drs. Waskito Sulaiman menyebutkan, tahun pelajaran 2020/2021 madrasah kami melaksanakan ujian Madrasah berbasis komputer secara online yang dilaksanakan pada tanggal15 – 27 Maret 2021 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
Lebih lanjutnya, pelaksanaan ujian dibagi menjadi dua sensi dari pukul 07.30 – 09.00 WIB dilanjutkan sensi kedua pukul 09.30 – 11.00 setiap harinya. Adapun mata pelajaran yang diujikan diantaranya Al-Qur’an hadis, akidah akhlak, fikih, SKI, PKn, bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, IPA, bahasa Arab, IPS dan bahasa Sunda.

“Ujian Madrasah (UM) dalam rangka menjamin kualitas sebagai pengukur capian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang dilaksanakan pada akhir jenjang pendidikan,” ujar Drs. Waskito Sulaiman saat monitoring pelaksanaan ujian madrasah, Senin, (15/3/2021).

Disinggung terkait kisi-kisi mata pelajaran, Ia menjelaskan mata pelajaran yang diujikan dalam ujian madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir yang disusun oleh guru.

“Alhamdulillah disini memiliki guru-guru dengan kualitas yang baik dalam menyusun soal sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan memiliki kemampuan infrastruktur untuk menyelenggarakan ujian berbasis komputer,” ujarnya.

Bagi peserta didik dapat dinyatakan lulus dari madrasah apabila telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dengan serta dibuktikan rapor dari semester satu hingga semester akhir.

“Kelulusan siswa juga harus memperoleh nilai sikap/perilaku atau karakter yang baik dan mengikuti ujian madrasah,” tuturnya. (boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *