Pramuka Kota Bogor, Ajak Pengunjung Pasar Tetap Patuhi Prokes dan Jaga Lingkungan

Jurnalaksara.com– Salah satu giat dalam memperingati Hari Pramuka dan Bulan Bakti Pramuka pada Agustus 2021, serta mendukung program pemerintah agar tidak lengah di masa pandemi, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Bogor bersama Perusahaan Umum Daerah ( Perumda ) Pasar Pakuan Jaya dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor melakukan kegiatan edukasi pencegahan penyebaran Covid-19, protokol kesehatan (prokes) hingga kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik di Blok F Pasar Kebon kembang, Kota Bogor, Rabu (01/09/2021).
Lebih dari 50 anggota Pramuka Kota Bogor, termasuk Satgas Pramuka Peduli, membagikan kurang lebih 1.000 masker kepada para pengunjung dan pedagang Pasar Anyar Blok F yang kedapatan masih belum menggunakan masker.
“Kondisi yang mulai membaik ini tidak lantas membuat kita menjadi lengah, karena tetap harus siaga dan waspada,” ungkap Deni Wismanto yang menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Abdimas Kwarcab Kota Bogor.
“Untuk itu sebagai abdi dari masyarakat Pramuka akan selalu hadir membantu masyarakat dalam mengedukasi agar tetap selalu patuh pada aturan,” ungkap Deni yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup.


Selain mensosialisasikan prokes, Kwarcab Pramuka Kota Bogor juga mengkampanyekan program Pemkot Bogor terkait pengurangan penggunaaan kantong plastik sekali pakai. Di mana kantong plastik sekali pakai di lingkungan pasar masih sangat lazim digunakan.
“Ada hal yang juga sangat penting yang harus diperhatikan, yaitu merubah kebiasaan penggunaan sampah plastik yang jelas-jelas sudah dilarang karena bahayanya sangat terasa bagi kita dan lingkungan sekitar,” ungkap Teti Marlina yang menjabat sebagai Andalan Pengabdian Masnyarakat Siaga dan Bencana.
Giat dilanjutkan dengan penukaran kantong plastik dengan tas belanja reusable kepada pengunjung pasar yang masih kedapatan menggunakan kantong plastik. Sembari tak lupa memberikan arahan mengenai bahaya penggunaan kantong plastik bagi lingkungan. (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *